Ini Dia Cara Mudah Mencegah Tekanan Darah Tinggi


Hai kawan-kawan apa kabar semoga Harimu Menyenangkan,Oke kali ini admin akan membahas bagaimana cara mudah mencegah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang akhir-akhir ini sering menimpak baik kaula muda atau tua. Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menyebabkaan banyak gangguan kesehatan atau meningkatkan resiko timbulnya penyakit lain seperti stroke, serangan jantung, gagal ginjal dll. Jika tekanan darah Anda lebih besar dari 140/90 mmHg, Anda berada pada risiko tinggi untuk mengidap penyakit serius seperti stroke, serangan jantung, gagal ginjal, dll. Anda dapat menjaga tekanan darah terkendali dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup Anda.

Baca Juga:



Lantas bagaimana untuk mencegah agar kita tidak terkena masalah tekanan darah tinggi (Hypertensi) Mari kita simak tips-tipsnya dibawah ini:


  • Kontrol berat badan anda
Berat badan sangat mempengaruhi tekanan darah. Saat seseorang mengalami berat badan yang berlebih atau obesitas maka akan meningkatkan resiko tumbuhnya lemak pada embuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan aliran darah yang pada akhirnya tekanan darah akan naik. Nah untuk mencegah tekanan darah tinggi secara efektif maka selalu lakukan kontrol terhadap berat badan anda dalam ukuran yang ideal. Berat badan berlebih (obesitas) dapat meningkatkan resiko tekanan darah atau hipertensi.

  • Menu makanan sehat dan seimbang
Dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang juga mampu menurunkan resiko terhadap tekanan darah tinggi itu berarti akan mencegah timbulnya tekanan darah tinggi dengan efektif. Perbanyak asupan sayuran dan buah buahan segar khususnya yang mengandung banyak potassium, mengurangi makanan manis, berlemak dan berkalori tinggi merupakan cara efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi.

  • Kurangi konsumsi garam atau sodium
Banyak penelitian kesehatan menyebut garam atau sodium bisa meningkatkan resiko timbulnya tekanan darah tinggi. Dengan mengurangi konsumsi sodium atau garam merupakan cara efektif untuk mencegah timbulnya tekanan darah tinggi.

  • Berolahraga Teratur
Olahraga merupakan cara yang sangat efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit dan hal ini sudah terbukti kbenarannya. dengan berolahraga secara teratur maka metabolisme tubuh akan meningkat itu berarti sistem kekebalan tubuh juga akan menignkat dan mencegah anda untuk menderita atau mengidap bebragai masalah gangguan kesehatan termasuk tekanan darah tinggi.
  
Olahraga merupakan obat dari segala macam penyakit serta pencegah dari segala macam penyakit. Berolahraga secara teratur akan membantu secara substansial menurunkan tekanan darah Anda. Bahkan banyak penelitian kesehatan menyebut hanya dengan jalan cepat selama 30 sampai 60 menit setiap hari bisa menunjukkan pengaruh yang besar. Dengan berolahraga secara teratur, Anda bisa mengurangi risiko terkena hipertensi.

  • Hindari Pikiran Stress
Mengurangi stres adalah cara yang bagus untuk mengontrol tekanan darah dalm kondisi normal. Stres secara tidak langsung bisa menyebabkan berbagai masalah gangguan kesehatan termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Stres akan mempengaruhi gaya hidup anda dan dari perubahan gaya hidup ini akan meningkatkan berbagai resiko timbulnya penyakit. Kelola tingkat stres merupakan cara efektif untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit termasuk stres ini. Yoga, meditasi, tai chi, olah perrnafasan, relaksasi merupakan cara yang terbukti ampuh untuk mengatasi stres.

  • Hindari kebiasaan buruk
Kebiasaan kebiasaan buruk bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Stres, kurang beristirahat, rokok, alkohol, obat obatan terlarang dsb terbukti menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan termasuk tekanan darah tinggi atau hipertensi. Nikotin dalam produk tembakau secara signifikan dapat meningkatkan tekanan darah selama lebih dari satu jam setelah merokok. Jika Anda seorang perokok, tekanan darah Anda terus-menerus akan meningkat sampai sepanjang hari, menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung atau stroke.

Meskipun jumlah kecil dapat membantu mengurangi tekanan darah, efek perlindungan hilang jika Anda minum terlalu banyak. Jika Anda biasanya tidak minum alkohol, Anda tidak harus mulai minum hanya untuk menurunkan tekanan darah Anda. Potensi kerugian sangat jauh melebihi potensi manfaat. Jika Anda seorang peminum berat, tiba-tiba berhenti dapat menyebabkan tekanan darah sangat tinggi. Dengan bantuan dari dokter Anda, hilangkan kebiasaan minum minuman keras anda.

  • Teratur cek tekanan darah anda
Selalu rajin atau teratur memeriksakan atau berkonsultasi dengan dokter terkait merupakan cara preventif untuk menghindari tekanan darah tinggi. Dokter akan cepat mengetahui dan anda akan mendapatkan konsultasi maupun perawatan tepat jika ditemukan masalah kesehatan pada tekanan darah anda. Dengan teratur cek kesehatan anda merupakan cara efektif untuk mencegah timbulnya tekanan darah tinggi atau hipertensi.


Sumber

0 Response to "Ini Dia Cara Mudah Mencegah Tekanan Darah Tinggi"

Post a Comment

Comments

Random Posts