Sebagai Negara Muslim Terbesar Indonesia Akan Membeli Pesawat Tempur SU-35S



Pemerintah Indonesia dikabarkan akan menandatangani kontrak pembelian pesawat tempur canggih Su-35S dari Rusia. Mengutip pernyataan menteri pertahanan Indonesia, disebutkan bahwa perwakilan pemerintah Indonesia pada bulan Maret 2016 akan berkunjung ke Rusia untuk melaksanakan finalisasi kontrak pembelian alutsista canggih ini. Namun benarkah demikian?

Kabar yang tersiar menyebutkan bahwa pemerintah Indonesia sudah memastikan membeli pesawat tempur canggih Su-35S buatan Rusia ini untuk menggantikan pesawat tempur F-5 E/F TNI AU yang sudah menua. Dan disebutkan juga bahwa melalui kontrak yang akan ditandatangani pada bulan Maret 2016 ini, militer Indonesia akan menerima sedikitnya 10 unit pesawat tempur Su-35S. Kontrak ini diperkirakan akan bernilai sekitar US$800 juta.


Baca Juga:


Namun meski kabar yang tersiar dari banyak sumber yang mengkonfirmasi hal ini, tetap saja kita harus menunggu kepastian penandatangan kontraknya. Pemerintah Indonesia sendiri sudah beberapa kali menyebutkan, sejak tahun 2015 yang lalu, bahwa Indonesia akan membeli pesawat tempur Su-35S untuk memperkuat alutsista TNI.


Namun sampai saat ini kontrak pembelian belum juga ditandatangani dan diumumkan. Sebelumnya bahkan petinggi militer Indonesia menyebutkan bahwa Indonesia akan membeli 12 unit pesawat tempur terbaru buatan Rusia ini. Namun informasi terakhir menyebutkan jumlahnya berkurang menjadi hanya 10 unit saja. Belum bisa dipastikan kebenaran berita ini dan juga belum bisa dipastikan apa yang menyebabkan munculnya informasi berkurangnya jumlah pesawat tempur yang dibeli ini.

Jika pemerintah Indonesia benar-benar membeli sejumlah pesawat tempur Su-35S dari Rusia ini, maka Indonesia akan menjadi Negara kedua diluar Rusia yang membeli pesawat tempur canggih Rusia ini. Sebelumnya pada tahun 2015 yang lalu, China membeli sebanyak 24 unit pesawat tempur sejenis dengan nilai kontrak US$2 Miliar. 


Rusia sendiri sudah mengoperasikan sebanyak 50 unit pesawat tempur Su-35S ini dan sudah menambah pesanan sebanyak 50 unit tambahan sehingga nantinya Rusia akan mengoperasikan sekitar 100 unit pesawat tempur modern kelas berat ini. 

Namun pertanyaannya adalah apakah militer Indonesia akan benar-benar menandatangani kontrak pembelian pesawat tempur Su-35S ini? Akankah pembelian pesawat tempur canggih ini akan menjadi salah satu bagian daftar belanja alutsista TNI sepanjang 2016 ini? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.


Pesawat tempur Su-35S sendiri adalah varian terbaru dan disebut varian pesawat tempur tercanggih dari keluarga pesawat tempur Su-27/30 yang ada sampai saat ini. Pesawat tempur ini adalah hasil design biro design Sukhoi dan di produksi oleh Komsomolsk-on-Amur Aircraft Production Association (KnAAPO) Rusia yang merupakan pengembangan dari Su-27 SM Rusia. Pesawat tempur Sukhoi Su-35S juga memiliki nama tidak resmi Su-35 BM ini adalah pesawat tempur multirole dengan kemampuan super maneuver dan memiliki dua mesin serta berkursi tunggal. 

Pesawat tempur SU-35S ini menggunakan dua mesin Saturn 117S (AL-41F1S) dengan thrust vectoring turbofan yang membuat maneuver pesawat ini semakin baik. Masing masing mesin AL-41F1S ini memiliki Dry Thrust sebesar 86.3 kN yang sangat bertenaga untuk menghasilkan daya dorong bagi pesawat ini. Pesawat tempur Rusia ini memiliki berat kosong sekitar 18.000 Kg dengan berat maksimal untuk take off sekitar 30.500 Kg dengan Thrust to Weight ratio (TWR) 1.13 yang menjadikan pesawat ini lincah dalam maneuver dan memiliki kecepatan maksimun diatas Match 2. Pesawat tempur ini bisa membawa internal fuel sebanyak 15.000 Kg dan mampu menggotong beraneka ragam senjata dengan total berat 8.000 Kg.


Sumber

0 Response to "Sebagai Negara Muslim Terbesar Indonesia Akan Membeli Pesawat Tempur SU-35S"

Post a Comment

Comments

Random Posts